BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 30 Juni 2010

Bermain-main Dengan Cutout

Dalam banyak hal proses bermain-main dan mencoba-coba sesuatu yang baru itu perlu, termasuk dalam dunia fotografi dan edit foto. Ini paling tidak untuk menghindari kejenuhan dalam dunia kerja yang seringkali menyebabkan karya-karya kita tampil monoton.



Dalam tulisan tehnik Edit Foto kali ini saya mencoba mencoba-coba efek filter Cutout. Prosesnya sebenarnya sangat sederhana. Tapi hasilnya secara visual cukup menarik, benar ga? :D.

Foto yang saya edit kali ini bukan karya foto saya sendiri, saya mendownloadnya dari internet dengan pertimbangan ceweknya cakep… fotonya bagus dan pantas untuk dikoleksi. Baiklah untuk tidak bertele-tele, prosesnya editing yang saya lakukan seperti di bawah ini.

1. Buka file foto di Adobe Photoshop.
2. Melakukan cropping foto untuk membuang bagian yang saya anggap tidak menarik dengan tool cropping yang tersedia di toolbar.


3. posteredgeSebelum menggunakan filter Cutout terlebih dahulu saya edit dengan menggunakan filter Poster Edge. Langkah ini saya lakukan agar tekstur foto tetap terlihat saat kita menggunakan filter Cutout. Ini masalah kebiasaan saja, karena pengaturan ketajaman tekstur pada penggunaan filter Cutout sebenarnya juga tersedia.



4. Cutout1Saya gunakan filter Cotout untuk pertama kalinya, dan mengatur Number of Levels pada nilai maksimal yakni 8 dan juga edge Fidelity-nya pada nilai 3, sementara untuk Edge Simplicity-nya saya buat nol. Untuk mengetahui perubahan dari masing-masing efek, Anda bias mencoba-cobanya sendiri.
5. Saya gunakan filter Cutout lagi, kali ini pengaturan Number of levels-nya saya letakkan pada nilai nol begitu juga dengan Edge Simplicity-nya, sedangkan Edge fidelitynya tetap pada nilai maksimal.
6. Saya menggunakan dua kali pemfilteran Cutout untuk mendapatkan tekstur yang yang saya inginkan dibagian mata model. Karena saat menggunakan satukali filter hasilnya terlalu gelap di bagian itu. Ini menurut pendapat subyektif saya lho…
7. Langkah terakhir saya mengatur kontrasnya dengan tool brightness/contrast dan juga tool curves yang terletak di topbar menu.
sumber : http://abudardak.blogdetik.com/category/trik-edit-foto/

0 komentar: